Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peralatan Telekomunikasi

Telekomunikasi atau komunikasi jarak jauh adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan peralatan dan sistem telekomunikasi yang mentransmisikan sinyal optik atau elektronik dari satu tempat ke tempat lain yang saling berjauhan. Telekomunikasi memungkinkan manusia di seluruh belahan bumi untuk saling berhubungan dan bertukar informasi secara cepat. Telekomunikasi menghubungkan seseorang ke satu atau lebih orang lain di tempat jauh. Telekomunikasi memungkinkan manusia mengirimkan dan menerima pesan secara personal, antarkota, negara, bahkan sampai ke angkasa luar. Telekomunikasi memungkinkan pengeriman berita, data, informasi, dan hiburan ke tempat yang jauh.
Peralatan telekomunikasi mengubah informasi ke dalam tipe yang berbeda. Informasi dalam bentuk teks, suara, dan video diubah menjadi sinyal listrik atau optik. Sinyal listrik atau optik tersebut memungkinkan informasi tadi dikirimkan ke tempat yang jauh. Sinyal listrik biasanya dikirimkan melalui medium kabel tembaga atau melalui udara dalam bentuk gelombang radio. Sedangkan sinyal optik biasanya dikirimkan melalui kabel serat optik.
Pada saat sinyal-sinyal tersebut tiba dan diterima di tujuan, peralatan di sisi penerima akan mengubah kembali sinyal yang diterima menjadi pesan yang dapat dimengerti atau dikembalikan kembali ke bentuk semula. Misalnya pada telepon, sinyal yang diterima akan diubah kembali menjadi suara, sedangkan pada televisi, sinyal yang diterima akan diubah kembali menjadi gambar bergerak dan suara.
Pesan-pesan dalam telekomunikasi dapat dikirim dengan berbagai cara dan menggunakan bermacam-macam peralatan. Pesan-pesan dapat dikirim dari satu pengirim ke satu penerima, yang dikenal dengan isitilah point to point, atau dari satu pengirim ke banyak penerima, yang dikenal dengan istilah point to multipoint. Komunikasi personal, seperti percakapan melalui telepon atau pengiriman faksimile meruapakan contoh transmisi point to point. Sedangkan contoh telekomunikasi point to multipoint atau sering juga disebut broadcast adalah radio dan televisi.
Beberapa contoh peralatan telekomunikasi :
Telegraf
Telegraf adalah sistem telekomunikiasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Telegraf mengirimkan sinyal untuk jarak yang jauh melalui kabel-kabel tembaga. Peralatan telegraf elektrik pertama ditemukan oleh Samuel F.B. Morse pada tahun 1837.
Telepon
Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts, pada tahun 1876. Tetapi, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.
Faksimile (Faks)
Faksimile (dibaca: /faksimile/) atau fax adalah alat yang mampu mengirimkan dokumen melalui jaringan telepon dengan hasil yang sama percis dengan aslinya. Dukungan untuk menjalankan sebuah mesin Fax adalah Group, class, data transmission rate dengan rekomendasi dari ITU-T . Fax memanfaatkan sambungan PSTN dan nomor telepon. Prinsip dasar dari fax yaitu gabungan perangkat dari scanner gambar, modem, Printer dengan grup Jaringan, dan juga mesin Photo copy.
Televisi
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia ‘televisi’ secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi. Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.
Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dimodulasi (dinaikkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) dalam suatu spektrum elektromagnetik. Gelombang radio ini berada pada jangkauan frekuensi 10 hertz (Hz) sampai beberapa gigahertz (GHz), dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.
Gelombang elektromagnetik lainnya, yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputi sinar gamma, sinar-X, inframerah, ultraviolet, dan cahaya terlihat.
Ketika gelombang radio dipancarkan melalui kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan voltase di dalam kabel. Hal ini kemudian dapat diubah menjadi signal audio atau lainnya yang membawa informasi.
Meskipun kata ‘radio’ digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan alat penerima gelombang suara, namun transmisi gelombangnya dipakai sebagai dasar gelombang pada televisi, radio, radar, dan telepon genggam pada umumnya.
Telepon Bergerak (Mobile Cell Phone)
Telepon genggam seringnya disebut handphone (disingkat HP) atau disebut pula sebagai telepon selular (disingkat ponsel) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Artikel ini berhubungan dengan :

Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi   ,arti Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi   , artikel Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi   , makalah Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi   , Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi    adalah , isi Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi   , materi Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi   , tentang Berbagai Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi   ,

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT

Artikel diatas ditulis oleh : Tim SumberKita.Com
Artikel diatas dilindungi oleh hak Cipta kami dari www. myfreecopyright.com. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL diatas. Jika Tidak, anda akan diproses hukum oleh DMCA Takedown dan berakibat buruk pada blog saudara serta account saudara. Terima kasih atas Perhatian saudara serta Terima Kasih telah berkunjung di blog ini.

2 Comments

  1. Rudi Amr says:

    Artikel yang bagus sobat…ilmu saya tentang TI jd bertambah

0 Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>