Hakikat Manusia Menurut Islam Makalah PPT

Hakikat manusia menurut islam – Manusia diciptakan Allah Swt. Berasal dari saripati tanah, lalu menjadi nutfah, alaqah, dan mudgah sehingga akhirnya menjadi makhluk yang paling sempurna yang memiliki berbagai kemampuan. Oleh karena itu, manusia wajib bersyukur atas karunia yang telah diberikan Allah Swt.

A. Konsep Manusia

I. Siapakah Manusia

a.1. Konsep Pengetahuan

      Teori Psikoanalisis menyebutkan manusia sebagai Homo Valent ( makhluk berkeinginan, memiliki perilaku interaksi antara komponen biologis, psikologis, dan sosial)

      Teori Behaviorisme menyebutkan manusia sebagai Homo Mechanicus (tingkah laku manusia terbentuk dari proses pembelajaran dengan lingkungannya, tidak dari aspek rasional/emosionalnya)

      Teori Kognitif menyebutkan manusia sebagai Homo Sapiens (makhluk berfikir, yang selalu berusaha memahami lingkungannya)

      Teori Humanisme menyebutkan manusia sebagai Homo Ludens (makhluk bermain, manusia berperilaku untuk mempertahankan, meningkatkan, dan selalu mengaktualisasikan dirinya/bersifat selalu aktif)

a.2. Konsep Al – Qur’an

      Konsep Basyar, adalah makhluk sekedar berada (being), biologis, statis,  seperti hewan.

      Konsep Insan, adalah makhluk yang menjadi (becoming), psikologis, spiritualis, yang bergerak ke arah kesempurnaan.

      Konsep An-Naas, adalah yang menunjuk kepada semua manusia sebagai makhluk sosial.

      Banu Adam, sebagai anak keturunan adam yang merupakan manusia yang pertam

  1. II.                 Persamaan dan perbedaan manusia dibandingkan dengan makhluk Allah yang lainnya

Dibanding makhluk lainnya manusai mempunyai kelebihan-kelebihan. Kelebihan-kelebihan itu membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Kelebihan manusia adalah kemampuan untuk bergerak dalam ruang yang bagaimanapun, baik didarat, dilaut, maupun diudara. Sedangkan binatang bergerak diruang yang terbatas. Walaupun ada binatang yang bergerak didarat dan dilaut, namun tetap saja mempunyai keterbatasan dan tidak bisa melampaui manusia. Mengenai kelebihan manusia atas makhluk lain dijelaskan surat al-Isra’ ayat 70.

Disamping itu, manusia diberi akal dan hati, sehingga dapat memahami ilmu yang diturunkan Allah, berupa al-Quran menurut sunah rasul. Dengan ilmu manusia mampu berbudaya. Allah menciptakan manusia dalam keadaan sebaik-baiknya (at-Tiin : 95:4). Namun demikian, manusia akan tetap bermartabat mulia kalau mereka sebagai khalifah ( makhluk alternatif ) tetap hidup dengan ajaran Allah ( QS. Al-An’am : 165 ). Karena ilmunya itulah manusia dilebihkan ( bisa dibedakan ) dengan makhluk lainnya.
Jika manusia hidup dengn ilmu selain ilmu Allah, manusia tidak bermartabat lagi. Dalam keadaan demikian manusia disamakan dengan binatang, “mereka itu seperti binatang ( ulaaika kal an’aam ), bahkan lebih buruk dari binatang ( bal hum adhal ). Dalam keadaan demikian manusia bermartabat rendah ( at-Tiin : 4 ).

Jadi kelebihan manusia adalah

  • Makhluk tuhan paling sempurna
  • Mengabdi kepada allah
  • Makhluk yang dianugerahi akal
  • Menjadi khalifah
  • Bertanggungjwab atas segala perbuatannya

b. Perbedaan hasrat dan keinginan antara manusia dan hewan

            (manusia)

  • Bersifat material makan, minum, tidur, kawin, dsb.
  • Bersifat non material; seperti unsur spiritual, moral, cita-cita, pemikiran.
  • Bersifat individual pribadi dan sosial.
  • Bersifat universal
  • Bersifat tak terbatas.

            ( hewan)

  • Bersifat material makan, minum, tidur, kawin, dsb.
  • Non material: insting alamiah untuk mempertahankan kehidupan fisik.
  • Bersifat individual dan pribadi.
  • Bersifat regional
  • Bersifat seketika dan berkaitan dengan masa sekarang.

c. Antropologi (Proses kejadian manusia)

1. Sejarah manusia pertama

  • Pengetahuan Umum

       Teori Darwinisme, makhluk hidup berasal dari spesies satu ke spesies yang lain melalui proses evolusi atau makhluk hidup berevolusi dari spesies satu ke spesies yang lain.

  • Pengetahuan Qur’an

       Khalifah (manusia) pertama adalah Adam, bukan dari primat melainkan diciptakan dari thin / turab  (saripati tanah).

2. Proses penciptaan manusia keturunan Adam

  • Pengetahuan Umum

                         Teori medis / kedokteran

Manusia keturunan Adam diciptakan Allah melalui  percampuran sperma dan sel telur.

  • Pengetahuan Qur’an

                         Manusia keturunan Adam diciptakan Allah dari nutfah.

                         (Q.S. 23:13-14) Al – Mu’minun

12. Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.

13. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).

14. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.

(Q.S. 32: 8-9 ) As – Sajdah

8. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina.

9. Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

(Q.S. 86:5)At – Tariq

5. Maka hendaklah manusia memperhatikan dari Apakah Dia diciptakan?

6. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan,

7. Yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan.

B. Eksistensi dan tanggung jawab manusia

Tujuan penciptaan manusia

  • “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56).
  • “Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembali-kan kepada Kami?” (Al-Mukminun: 115).
  • “Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)?” (Al-Qiyamah: 36).

Jadi berdasarkan ayat diatas tujuan penciptaan dari manusia tak lain adalah untuk ibadah.

Ibadah sendiri artinya tunduk dan patuh kepada allah ta’ala dengan penuh kecintaan dan pengagungan dalam melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya sesuai dengan tuntutan yang ditetapkan dalam syarita-syariat-Nya.

Tugas dan peran manusia

  1. Beribadah kepada Allah SWT Beribadah kepada Allah SWT merupakan tugas pokok bahkan satu-satunya tugas dalam kehidupan manusia sehingga apa pun yg dilakukan oleh manusia dan sebagai apa pun dia seharusnya dijalani dalam kerangka ibadah kepada Allah SWT sebagaimana firman-Nya yg artinya “Dan Aku tidak menciptakan manusia kecuali supaya mereka menyembah-Ku.” . Agar segala yg kita lakukan bisa dikategorikan ke dalam ibadah kepada Allah SWT paling tidak ada tiga kriteria yg harus kita penuhi.lakukan segala sesuatu dgn niat yang ikhlas krn Allah SWT. Keikhlasan merupakan salah satu kunci bagi diterimanya suatu amal oleh Allah SWT dan ini akan berdampak sangat positif bagi manusia yg melaksanakan suatu amal krn meskipun apa yg harus dilaksanakannya itu berat ia tidak merasakannya sebagai sesuatu yg berat apalagi amal yg memang sudah ringan. Sebaliknya tanpa keikhlasan amal yg ringan sekalipun akan terasa menjadi berat apalagi amal yg jelas-jelas berat utk dilaksanakan tentu akan menjadi amal yg terasa sangat berat utk mengamalkannya.
  2. lakukan segala sesuatu dgn cara yg benar bukan membenarkan segala cara sebagaimana yg telah digariskan oleh Allah SWT dan dicontohkan oleh Rasul-Nya. Manakala seorang muslim telah menjalankan segala sesuatu sesuai dgn ketentuan Allah SWT maka tidak ada penyimpangan-penyimpangan dalam kehidupan ini yg membuat perjalanan hidup manusia menjadi sesuatu yg menyenangkan.
  3. lakukan segala sesuatu dgn tujuan mengharap ridha Allah SWT dan ini akan membuat manusia hanya punya satu kepentingan yakni ridha-Nya. Bila ini yg terjadi maka upaya menegakkan kebaikan dan kebenaran tidak akan menghadapi kesulitan terutama kesulitan dari dalam diri para penegaknya hal ini krn hambatan-hambatan itu seringkali terjadi krn manusia memiliki kepentingan-kepentingan lain yg justru bertentangan dgn ridha Allah SWT.

Tanggung jawab manusia sebagai :

  1. Sebagai khalifatullah :
  • Mewujudkan kemakmuran di muka bumi
  • Menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan
  • Memelihara bumi sebagai tempat tinggal
  1. Sebagai abd/ hamba allah
  • Taat, tunduk dan patuh kepada perintah allah
  • Menghambkan diri kepada-Nya bukan kepada nafsu
  • Menjalankan aktifitas dengan berpedoman kepada ketentuan Allah

C. Manusia dan Agama

 Pengertian Agama
Agama menurut bahasa sangsakerta, agama berarti tidak kacau (a = tidak, gama = kacau) dengan kata lain, agama merupakan tuntunan hidup yang dapat membebaskan manusia dari kekacauan. Di dunia barat terdapat suatu istilah umum untuk pengertian agama ini, yaitu : religi, religie, religion, yang berarti melakukan suatu perbuatan dengan penuh penderitaan atau mati-matian, perbuatan ini berupa usaha atau sejenis peribadatan yang dilakukan berulang-ulang. Istilah lain bagi agama ini yang berasal dari bahasa arab, yaitu addiin yang berarti : hukum, perhitungan, kerajaan, kekuasaan, tuntutan, keputusan, dan pembalasan. Kesemuanya itu memberikan Gambian bahwa “addiin” merupakan pengabdian dan penyerahan, mutlak dari seorang hamba kepada Tuhan penciptanya dengan upacara dan tingkah laku tertentu, sebagai manifestasi ketaatan tersebut (Moh. Syafaat, 1965).

            Dalam terminologi Islam, manusia diyakini sebagai makhluk yang selain memiliki sisi hewani yang sarat dengan kebutuhan-kebutuhan   hewani seperti makan, minum, kesenangan jasmani dan semisalnya, layaknya hewan-hewan lain,disinalah anugerah Allah yang berupa nafsu. Agar hawa nafsu itu terkendalikan (dalam arti pemenuhannya sesuai dengan ajaran agama), maka potensi takwa itu harus dikembangkan, yaitu melalui pendidikan agama dari sejak usia dini. Apabila nilai-nilai agama telah terinternalisasi dalam diri seseorang maka dia akan mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia yang bertakwa, yang salah satu karakteristiknya adalah mampu mengendalikan diri (self contor) dari pemuasan hawa nafsu yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

            Agama adalah sebuah wadah tempat manusia menjadikan kehidupannya penuh arti. Agamalah yang mendorong manusia  membangun kepribadiannya. Bukankah dalam ajaran agama Islam, selain diperintahkan untuk menerima kenyataan yang ada, kita juga diperintahkan untuk melakukan perombakan demi perbaikan keadaan kita? “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan mereka sendiri” (Q.S. Al-Ra’d: 11)

            Agama merupakan fenomena yang tidak mungkin  terpisahkan  dari  manusia. Sebab, manusia memiliki fitrah yang selalu mengajak ia untuk beriman kepada Tuhan Yang Maha Agung. Selain itu, manusia juga selalu butuh untuk mengetahui apa-apa yang ada di sekitarnya, termasuk dirinya sendiri. la merasa berhak untuk mengetahui dari mana ia berasal, untuk apa dia berada di dunia, apa yang mesti ia lakukan demi kebahagiannya di dunia dan alam akhirat nanti, yang merupakan jawaban  dari  pertanyaan-pertanyaan di atas dan itu adalah agama. Karenanya, sangatlah logis jika agama selalu mewarnai sejarah manusia dari dahulu kala hingga kini, bahkan sampai akhir nanti.

Hakikat Manusia Menurut Islam  – Semoga Artikel Hakikat Manusia Menurut Islam ini dapat bermanfaat untuk sobat semuanya. Trimakasi atas kunjungannya ke sumberkita.com sobat…n_n

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT

Artikel diatas ditulis oleh : Tim SumberKita.Com
Artikel diatas dilindungi oleh hak Cipta kami dari www. myfreecopyright.com. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL diatas. Jika Tidak, anda akan diproses hukum oleh DMCA Takedown dan berakibat buruk pada blog saudara serta account saudara. Terima kasih atas Perhatian saudara serta Terima Kasih telah berkunjung di blog ini.

10 Comments

  1. tadalafil says:

    The results of every day Cialis doses are positive and users do not
    need to bother about their effectiveness. They may have regular sexual intercourse using their partners.

    Once daily Cialis dose can be taken without regard to timing of sexual intercourse the.

    The usage of everyday Cialis amount assists improve penile erection of males who definitely have
    erection dysfunction issues. It disables an
    enzyme that decreases the process of bloodstream legislation
    inside the male organ. It stops working slower than other erection problems
    treatment method medications in your body. This is actually the primary reason for its
    more durable effect in the body.

  2. divorce and bankruptcy comment divorcer en islam

    Also visit my web blog … serrurier paris

  3. 565354 538191Um, consider adding pictures or much more spacing to your weblog entries to break up their chunky look. 300021

  4. 29342 511444you got a quite exceptional internet site, Sword lily I identified it by way of yahoo. 3589

  5. rock covers says:

    289742 393232I can?t say that I completely agree, but then again I?ve never really thought of it quite like that before. Thanks for giving me something to think about when I?m supposed to have an empty mind while trying to fall asleep tonight lol.. 156134

  6. 363556 9413I gotta favorite this internet site it seems handy . 179099

  7. 40017 398042Sorry for the huge review, but I?m genuinely loving the new Zune, and hope this, as effectively as the exceptional reviews some other men and women have written, will support you decide if it is the best choice for you. 342778

  8. 737958 961153You completed certain great points there. I did searching on the subject matter and discovered most persons will go together together with your blog 710143

  9. 3005 454549Hi there! Great post! Please do tell us when I could see a follow up! 943261

  10. 777318 534388Hello there! Do you know if they make any plugins to protect against hackers? I?m kinda paranoid about losing everything I?ve worked hard on. Any suggestions? 316251

0 Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>