12 Fakta Unik Tentang Buah Naga Yang Harus Kamu Tahu

Diposting pada

Pastinya kalian tidak asing dengan buah yang satu ini, buah berwarna merah muda yang lagi ngetren di jaman sekarang. Warnanya yang merah dengan kulit menyerupai sisik ular naga menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki oleh buah naga. Mungkin ada orang yang mengira buah ini adalah makanan ular naga, pada kenyataannya ini hanyalah buah biasa yang berasal dari tanaman sejenis kaktus. Sebenarnya dulu tanaman ini hanya bisa ditemukan di Meksiko dan Amerika, namun banyak orang Asia membudidayakan tanaman ini sebagai tanaman hias sekaligus memanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi. Buah unik yang satu ini pasti memiliki fakta yang menarik untuk disimak, yuk langsung saja fakta-fakta tersebut.

 

1 |Buah naga berasal dari tumbuhan famili Cactaceae (tumbuhan kaktus) yang memiliki 4 spesies yaitu Hylocereus undatus (buah merah, daging buah putih), Hylocereus polyrhizus (buah merah muda dengan daging merah), Selenicereus megalanthus (buah kuning dan daging putih) dan Hylocereus costaricensis (warna buah merah pekat).

2 | Buah naga pertamakali dibawa oleh orang Perancis pada tahun 1870 ke Vietnam. Tanaman itu digunakan sebagai tananaman hias, tapi lambat-laun masyarakat Vietnam dan Cina mengganggapnya buah pembawa berkah dan akhirnya buah itu disebut thang loy dalam bahasa China yang berarti buah naga.

3 | Sifat tanaman buah naga adalah membentuk seperti akar merambat di permukaan tanah. Wujudnya seperti lidah buaya dengan 3 sisi, tanpa daun dan durinya dapat tumbuh menjadi bunga, durinya tidak lancip sehingga sering disebut “kaktus tak berduri”.

4 | Bunga Buah Naga akan mekar pada malam hari jika kuncup bunga telah mencapai 30 cm. Mahkota bunga luar mekar pada jam 9 malam diikuti dengan mahkota dalam yang berisi benang sari sehingga bunga ini disebut night blooming cereus. Aroma yang dihasilkan bunga ini memikat kelelawar dan ngengat untuk menghisap serbuk sari dan membantu penyerbukan.

5 | Buah naga merupakan tanaman yang rakus akan unsur hara. Namun mereka dapat hidup di berbagai kondisi tanah dan ketinggian, sehingga mereka memiliki kemampuan adaptasi yang bagus. Mereka dapat tumbuh asalkan tanah kering dan selalu terpapar sinar matahari pada suhu 38-40 °C. Umumnya tanaman ini akan berbuah setelah 1 tahun.

6 | Hanya sedikit kota yang membudidayakan buah naga. Tapi beberapa kota sudah membudidayakan buah naga, seperti di kota Banyuwangi, Pasuruan, Jember, Ponorogo, Malang, Pasuruan, Wonogiri, Bandung, Kulon Progo dan Batam.

Loading...