4 Cara Deteksi Penyakit dengan Melihat Perubahan Lidah

Diposting pada

Lidah berwarna ungu dapat menandakan terjadi sesuatu pada peredaran darah, peradangan, atau infeksi dalam tubuh.

Lidah yang berwarna pucat menandakan bahwa Anda kekurangan energi. Hal Ini umum terjadi pada penderita anemia di mana sistem kekebalan tubuh yang sering lemah.

4. Tekstur lidah

Benjolan yang berada di atas lidah bisa menjadi pertanda peringatan infeksi bakteri, virus, atau reaksi alergi terhadap makanan dan obat-obatan.

Sariawan lebih sering muncul di bagian bawah lidah, dan dapat diidentifikasi dengan munculnya garis bulat berwarna merah, kuning atau putih.

Nyeri pada permukaan lidah hingga berwarna putih atau abu-abu menandakan bahwa ada gangguan selaput lendir yang di sebabkan oleh iritasi. Bisa diakibatkan oleh gigi palsu, gigi tambalan atau penggunaan tembakau.

deteksi penyakit dari lidah

Lidah keriput memiliki lekukan atau kerutan, kondisi yang sebenarnya tidak berbahaya. Tetapi hal ini dapat menyebabkan Anda kesulitan menjaga lidah tetap bersih.

Perih atau gumpalan pada satu sisi lidah bisa menjadi tanda kanker. Jika merasakan rasa panas, rasa sakit, kehilangan sensasi, atau ketidakmampuan untuk menggerakkan lidah dengan baik. Anda harus segera memeriksakan ke dokter.

(hel)

 

sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/09/17/481/1951496/4-cara-deteksi-penyakit-dengan-melihat-perubahan-lidah

Loading...