8 Tips Membeli Asuransi Kesehatan Untuk Anda dan Keluarga, Agar Premi Terjangkau, Perlindungan Memukau!

Diposting pada

 

#3 Manfaatkan Asuransi Kantor atau Asuransi BPJS

Jika Anda memiliki asuransi kantor, Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Anda harus mengetahuinya agar saat Anda membeli asuransi kesehatan, Anda dapat membeli asuransi kesehatan yang saling melengkapi dengan asuransi kantor Anda.

Sehingga dana yang Anda alokasikan untuk membayar sendiri premi asuransi kesehatan pribadi Anda efisien dan Anda tetap dapat memperoleh perlindungan yang optimal.

Jika Anda tidak keberatan dengan mengantre, Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas asuransi kesehatan pemerintah BPJS kelas 1, Anda dapat menghemat banyak pengeluaran biaya rumah sakit dengan adanya BPJS.

 

#4 Pilih Jenis Asuransi Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada dua jenis asuransi yang dapat Anda pilih ketika Anda ingin membeli asuransi kesehatan, antara lain asuransi kesehatan tradisional berjangka (term) atau asuransi kesehatan unitlink.

Asuransi kesehatan berjangka akan melindungi Anda untuk jangka waktu tertentu, kelebihannya adalah harga premi yang jauh lebih murah daripada asuransi unitlink.

Asuransi kesehatan unitlink merupakan manfaat tambahan dari manfaat dasar asuransi jiwa unitlink, oleh karena itu harga premi tentu lebih mahal dibandingkan asuransi jiwa berjangka.

Anda harus memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

#5 Pilih Asuransi Kesehatan Yang Dapat Melengkapi

Asuransi kesehatan berdasarkan cara klaimnya dibagi lagi menjadi dua jenis asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan cashless dan asuransi kesehatan reimbursement.

Asuransi kesehatan cashless berarti saat masuk ke rumah sakit, Anda tidak perlu untuk membayar terlebih dahulu, pihak asuransi akan langsung menanggungnya. Anda hanya perlu membayar kelebihannya.

Tetapi sistem cashless membutuhkan kuitansi asli, sehingga Anda tidak dapat klaim ke asuransi lainnya lagi.

Berbeda dengan asuransi kesehatan reimbursement. Sistem reimbursement berarti Anda harus membayarkan terlebih dahulu, baru Anda dapat melakukan klaim ke perusahaan asuransi.

Sistem reimbursement biasanya dapat menggunakan fotokopi kuitansi yang dilegalisir oleh pihak rumah sakit, sehingga Anda tetap dapat mengklaimnya meskipun kuitansi aslinya sudah diambil untuk klaim ke perusahaan asuransi lainnya.

Jika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan cashless yang cukup baik dan lengkap dalam melindungi Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan asuransi kesehatanreimbursement agar dapat saling melengkapi dengan asuransi kesehatan yang lainnya.

 

#6 Asuransi Kesehatan Unitlink Harus Dipisahkan Dari Manfaat Asuransi Lainnya

Jika Anda ingin membeli asuransi kesehatan unitlink, akan jauh lebih baik jika Anda membelinya terpisah dari manfaat tambahan lainnya.

Mengapa? Karena Anda tidak memiliki lebih dari satu asuransi kesehatan dengan sistemcashless di satu perusahaan asuransi yang sama (tidak boleh memiliki lebih dari satu kartu kesehatan asuransi).

Ketika Anda ingin mendapatkan manfaat asuransi kesehatan yang lebih baik, maka Anda harus meng-upgrade manfaat asuransi kesehatan Anda.

Jika Anda memasukkan semua manfaat tambahan unitlink di dalam satu polis, maka akan sangat disayangkan karena semua manfaat tambahan di polis unitlink Anda semuanya disesuaikan ulang berdasarkan usia Anda pada saat ingin meng-upgrademanfaat tersebut.

 

#7 Memiliki Beberapa Polis Asuransi Kesehatan BUKAN Kesalahan

Ini adalah salah satu tips yang perlu Anda perhatikan. Masih banyak orang menganggap bahwa kita hanya perlu memilih satu buah polis asuransi. Padahal kenyataannya banyak orang yang memiliki polis asuransi lebih dari satu.

Anda tidak dapat membeli satu buah polis yang langsung memenuhi seluruh kebutuhan asuransi Anda dan keluarga, karena polis asuransi tersebut akan relatif mahal harganya, dan juga asuransi Anda akan terus berkembang seiring bertambahnya penghasilan dan kebutuhan Anda, sehingga Anda harus meng-upgrade asuransi Anda.

Begitu pula dengan asuransi kesehatan. Anda dapat memiliki beberapa polis asuransi kesehatan selama asuransi kesehatan tersebut saling melengkapi sehingga setiap ada risiko sakit penyakit, semua asuransi kesehatan Anda dapat dimanfaatkan.

 

#8 Bandingkan Asuransi Kesehatan Dari Beberapa Perusahaan

Ini adalah hal yang wajib Anda lakukan, jangan terlalu cepat untuk memutuskan membeli sebuah produk.

Ambil waktu beberapa hari atau minggu untuk membandingkan produk asuransi kesehatan dari perusahaan yang satu dengan yang lainnya.

Cari asuransi kesehatan yang benar-benar Anda inginkan, sesuai dengan anggaran Anda dan dapat memenuhi kebutuhan Anda.

 

Beli Asuransi Kesehatan Dengan Perencanaan Yang Saksama

Dengan adanya tips membeli asuransi kesehatan, Anda harus dapat membeli asuransi kesehatan sesuai dengan perencanaan asuransi Anda yang sudah Anda pertimbangkan secara saksama.

Ketika Anda membelinya dengan pertimbangan dan pemahaman, serta melakukan tips membeli asuransi kesehatan, maka Anda dapat membeli asuransi kesehatan dengan menggunakan dana Anda secara efisien untuk manfaat yang optimal.

Selamat merencanakan asuransi kesehatan Anda!

 

sumber: https://www.finansialku.com/8-tips-membeli-asuransi-kesehatan/

Loading...