Menangis Seminggu Sekali Membuat Kamu Lebih Bahagia Loh!

Diposting pada
Saat merasa sedih, kecewa, atau bahkan marah, seseorang bisa saja menangis.

SAAT merasa sedih, kecewa, atau bahkan marah, seseorang bisa saja menangis. Begitu juga ketika ia merasa stres karena tekanan besar. Hal ini wajar terjadi dan malah memberikan dampak yang cukup baik. Menangis dikatakan dapat menghilangkan stres dan ketegangan.

Praktisi dari Jepang yang menyebut dirinya guru air mata, Hidefumi Yoshida, mengatakan menangis lebih efektif mengurangi stres daripada tertawa atau tidur. Dirinya bahkan sering mengadakan seminar dan kegiatan serupa guna menerangkan manfaat psikologis dari menangis.

https://static.toiimg.com/photo/64915668.cms

Menurutnya, tindakan mengeluarkan air mata karena mendengarkan musik yang bersifat emotif, menonton film sedih, membaca buku, dan lainnya dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan mental karena merangsang aktivitas saraf parasimpatis. Hal itu dapat memperlambat denyut jantung sehingga memberikan efek menenangkan pikiran.

“Jika seseorang menangis seminggu sekali, maka ia bisa menjalani hidup bebas stres,” ujar Yoshida seperti yang dikutip Okezone dari Independent, Minggu (28/10/2018). Oleh karenanya ia sering mengadakan seminar yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan manfaat tangisan.

Loading...