Penasaran Gimana Cara Ikan Tidur? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Diposting pada
Penasaran Gimana Cara Ikan Tidur? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Kamu pasti pernah mendengar pertanyaan, “Kok ikan itu matanya melek terus kuat banget, gak tidur-tidur?”. Sama kok seperti makluk hidup lainnya, sebenarnya ikan juga tidur sebagai mekanisme istirahat untuk memulihkan tenaga setelah beraktifitas.

Namun, setiap makluk hidup memang memiliki cara tidur yang berbeda-beda. Kelelawar contohnya, mereka tertidur dengan cara menggantungkan posisi kaki di atas sementara kepalanya pada bagian bawah. Begitu juga dengan ikan yang punya cara tidur yang unik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan buat kamu yang penasaran dengan bagaimana cara ikan tidur!

1. Mata ikan tetap terbuka walaupun mereka sedang tertidur pulas

Berbeda dengan definisi tidur yang dilakukan oleh manusia, yang ketika tidur harus menutup kelopak mata, ikan tidur dengan mata yang tetap terbuka. Hal ini mungkin yang membuat kita tidak sadar bahwa ikan sebenarnya juga tidur.

Jika kamu memiliki ikan peliharaan di dalam akuarium, kamu bisa mengamati bagaimana kondisi ikan saat tidur. Misalkan, ketika ikan lambat dalam memberi respon ketika kamu memberikan pakan, kemungkinan ikan sedang dalam kondisi tidur. Atau sebagian ikan ada yang memilih berdiam di dasar akuarium ketika tidur.

2. Sebagian ikan harus tetap bergerak ketika tidur agar oksigen tetap masuk ke dalam insang

Hiu adalah salah satu jenis ikan yang harus tetap melakukan gerakan meskipun dalam kondisi tidur. Tujuannya, agar aliran air tetap terjaga menuju insang sehingga ia tetap memperoleh pasokan oksigen yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *