Waspadai 5 Penyebab Badan Kurus yang Kurang Sehat Ini karena Berbahaya

Diposting pada
Waspadai 5 Penyebab Badan Kurus yang Kurang Sehat Ini karena Berbahaya

Zaman sekarang banyak orang yang mendambakan badan kurus, baik itu karena penggambaran sosok badan ideal di berbagai iklan maupun berbagai meme di dunia maya. Meski begitu, mungkin gak banyak orang yang memahami bahwa punya badan kurus itu gak selamanya sehat.

Dilansir dari prevention.com, menurut Anne Cappola, seorang endokrinologis dan pengajar di University of Pennsylvania, kamu perlu curiga apabila berat badanmu turun lebih dari 5 persen selama kurang dari 6 bulan. Sementara bisa jadi kamu gak tahu pasti penyebab berat badanmu turun. Bisa jadi kamu mengalami hal berikut ini.

1. Kamu sering merasa haus dan kencing sepanjang waktu? Bisa jadi kamu mengalami diabetes

Ternyata, diabetes bisa menyebabkan seseorang berkurang berat badannya. Ciri-cirinya, kamu sering kencing dan selalu merasa haus. Itu karena tubuhmu mengeluarkan glukosa karena gak bisa menyerapnya dengan baik. Selain itu, diabetes juga menyebabkan tubuhmu mengisap makanan dari otot-otot, sehingga berat badanmu turun secara mendadak.

2. Depresi yang menyebabkan nafsu makan menghilang

Penyebab lain badan kehilangan sejumlah berat yang signifikan adalah depresi klinis. Untuk beberapa kasus, seorang yang mengalami depresi kadang malah gak menyadari tubuhnya kehilangan berat. Selain nafsu makan, depresi juga menyebabkan seseorang menjadi susah tidur, sering mengonsumsi minuman keras, dan merasa sedih yang gak berkesudahan.

3. Diet yang buruk juga menyebabkan berat badan banyak turun

Mungkin banyak orang yang diet untuk menurunkan berat badan, namun bukan berarti harus mengorbankan asupan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Bukannya turun dengan sehat, malah justru jadi menimbulkan banyak penyakit.

4. Ada beberapa jenis kanker yang menyebabkan berat badan berkurang

Beberapa jenis kanker dan tumor yang berada di perut dan usus akan menyebabkan radang dan tubuh sulit menyerap nutrisi. Buat kamu yang kehilangan berat badan secara mendadak, gak ada salahnya memeriksanya ke dokter. Mereka akan mencoba mencari tahu dengan memeriksa perut, usus besar dan kerongkonganmu.

5. Penurunan berat badan juga umum terjadi untuk penderita hipertiroidisme

Hipertiroidisme atau tiroid yang terlalu aktif juga menyebabkan seseorang berkurang berat badannya. Beberapa gejalanya adalah kesulitan tidur atau merasa kepanasan sepanjang waktu. Jika kamu merasakan gejala ini, tidak adanya salahnya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *